6 Panduan Renovasi Rumah Subsidi Hemat Budget

Ketika mendengar kata renovasi rumah subsidi, jangan dulu berpikiran bahwa biaya yang harus Anda keluarkan akan menguras dalam-dalam isi tabungan. Sebaliknya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merehab rumah subsidi secara low budget. Misalnya dengan mengikuti panduannya di bawah ini.

Ya, setelah sudah cukup lama rumah KPR yang Anda tinggali bisa saja terlihat sumpek dan kusam. Hal ini terjadi karena ada beberapa bagian yang mulai melapuk, memburuk kondisinya, hingga kurang perawatan.

Oleh karenanya diperlukan sebuah renovasi rumah dengan begitu hunian tinggalmu akan tampil lebih fresh dan nyaman lagi untuk ditinggali.

Tips Renovasi Rumah Subsidi Anti Boros

Memiliki rumah tentunya merupakan idaman setiap orang. Termasuk untuk jenis rumah subsidi. Namun setelah memiliki rumah dengan kondisi seadanya, kita juga masih bisa berkreasi untuk membuat hunian menjadi jauh lebih nyaman untuk ditinggali.

renovasi rumah subsidi

Nah, di bawah ini beberapa tips panduan renovasi rumah subsidi yang anti boros alias hemat budget yang bisa Anda lakukan.

Lindungi Dinding Saat Renovasi Rumah

Pada dasarnya ketika renovasi rumah tak harus mengganti atau merubah seluruh bagian dalam ruangan. Dimaksudkan dengan melindungi dinding di sini adalah memilih warna cat dinding yang tepat. Misalnya, apabila dinding rumahmu banyak pengelupasan, maka Anda perlu mengecatnya dengan warna putih sebagai dasarannya.

Alternatif lainnya, yakni dengan memasang wallpaper dinding, baik pada seluruh atau sebagian dinding saja.

Melindungi dan Merawat Furniture yang Ada

Furniture yang sudah lama digunakan jangan disingkirikan terlebih dulu. Agar rencana renovasi rumah subsidi Anda lebih hemat budget sebaiknya lindungi dan rawat furniture yang Anda miliki.
Misalnya dengan memperhatikan beberapa faktor seperti cahaya matahari, kelembapan, dan suhu. Anda juga bisa memberikan pelitur sebaai pelapis ketika membersihkan furniture tersebut.

Memperbarui Desain Pintu Rumah

Langkah renovasi rumah subsidi selanjutnya adalah dengan memperbarui desain pintu rumah. Dengan pertimbangan ini, Anda bisa menitikberatkan renovasi rumah untuk pintu masuk terlebih dulu.

Apabila pintu rumah Anda terbuat dari kayu dan sudah menunjukkan tanda pengeroposan, maka Anda bisa menambahkan beberapa hiasan maupun ukiran untuk menutupinya. Untuk mencegah pelapukan kembali, Anda bisa melapisi pintu kayu tersebut dengan pernis yang berbahan dasar minyak.

Mengatur Kembali Pencahayaan

Sebelum mulai melakukan renovasi secara besar – besaran, silakan cek terlebih dulu apa selama ini lampu di rumah Anda jadi masalah.
Jika demikian, pencahayaan yang buruk pastinya akan membuat rumah idaman anda kurang enak dipandang. Oleh karenanya Anda perlu mengganti lampu yang ada dengan lampu baru.

Menyegarkan Area Dapur

Dapur adalah salah satu ruangan paling vital di dalam rumah. Jadi, apabila Anda ingin melakukan renovasi rumah subsidi, jangan lupa untuk memperhatikan area memasak satu ini. Ganti peralatan dapur yang sudah usang dengan yang baru.

Selain itu, Anda juga perlu memasang pewangi ruangan untuk mentralisir bau yang tidak sedap dari area dapur.

Tanaman Untuk Hidupkan Rumahmu

Pada dasarnya salah satu tujuan dari renovasi sebuah hunian tinggal adalah membuat rumah terlihat lebih hidup. Kerap kali rumah terlihat suram dan seram bukan karena usangnya desain interior, tetapi karena kurangnya tanaman hijau.

Jadi, silakan tambahkan tanaman baik di sudut ruangan atau pun di atas meja untuk memberikan kesan yang lebih asri.

Demikian informasi singkat tentang panduan renovasi rumah subsidi hemat budget yang akan membuat hunian mejadi jauh lebih nyaman. Semoga informasi yang bisa kami bagikan ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.