Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Gabus Bagi Pemula yang Berhasil

Tahukah Anda bagaimana sih cara budidaya ikan gabus bagi pemula yang mudah namun menghasilkan? Ikan gabus terkenal sebagai ikan predator di air tawar, sangat liar dan rakus, sehingga ditakuti atau dihindari oleh para peternak ikan.

Ikan gabus memangsa semua benih ikan, serangga-serangga, bahkan bisa memangsa ikan dewasa. Faktor di atas membuat ikan gabus berkurang populasinya, sehingga perlu dilakukan budidaya ikan gabus.

cara budidaya ikan gabus

Sayang sekali jika ikan ini tidak dibudidayakan, mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dalam ikan tersebut. Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai cara budidaya ikan gabus bagi pemula, sehingga anda bisa mempraktekkan dan tidak perlu ragu lagi jika sudah memiliki niat dalam membudidayakan ikan gabus. Apalagi banyak yang jual benih ikan gabus agar mudah diternakkan.

Tahapan Cara Budidaya Ikan Gabus

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah demi langkah cara budidaya ikan gabus bagi pemula, mulai dari pemilihan tempat hingga proses panen.

1.Pemilihan Lokasi Budidaya

Langkah pertama pada tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula adalah menentukan jenis lokasi budidaya ikan gabus. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis kolam yang biasanya digunakan untuk budidaya ikan gabus, yaitu:

1a.Kolam Tanah. Kolam termasuk jenis kolam yang paling sering digunakan dalam proses budidaya ikan gabus. Cara membuatnya cukup sederana, yaitu dengan menggali tanah yang permukaannya datar hingga mencapai kedalaman yang anda inginkan, lalu melakukan penimbunan di sisi kolam agar ketinggian dari kolam bisa bertambah.

2b.Kolam Terpal. Kolam ini juga termasuk jenis kolam untuk budidaya ikan yang sangat popular. Sebab, penggunaan kolam terpal untuk ternak ikan lebih praktis dan mudah serta pembuatannya juga lebih murah jika dibandingkan dengan kolam beton.

3c.Kolam Beton. Kolam ini termasuk jenis kolam yang juga biasa digunakan untuk budidaya ikan gabus, meskipun penggunaannya tidak sebanyak dua jenis kolam pertama. Hanya saja, kelebihan kolam ini adalah ikan yang dihasilkan ketika panen tidak berbau tanah maupun lumpur, disamping daya tahan kolamnya lebih tahan lama.

Anda tinggal memilih salah satunya dari tiga jenis kolam di atas yang sesuai dengan anggaran atau modal awal anda.

2.Memilih Indukan Ikan Gabus

Cara budidaya ikan gabus bagi pemula berikutnya yang juga perlu untuk diperhatikan adalah memilih indukan yang bagus. Sebab, indukan yang bagus, sehat dan aktif sangat berpengaruh terhadap hasil budidaya ikan gabus. Anda dapat memilih Induk jantan maupun betina.

Perbedaannya adalah induk jantan berwarna lebih gelap dan kepalanya berbentuk oval, sedangkan induk betina memiliki warna yang lebih terang dan kepalanya berbentuk bulat. api jika kesulitan bisa membeli yang jual bibit ikan.

3.Tahap Pemijahan dan Penetasan telur

Langkah ketiga pada tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula adalah tahap pemijahan dan penetasan telur. Pemijahan adalah proses pelepasan telur beserta sperma pada induk ikan yang nantinya akan menghasilkan pembuahan. Proses pemijahan berlangsung selama 3-4 hari. Jika kesulitan anda bisa membeli bibit ikan murah yang banyak dijul juga.

Setelah itu telur-telur hasil pemijahan biasanya akan menetas dalam waktu kurang dari sehari. Biasanya ikan gabus betina dapat menghasilan hingga 11.000 butir telur. Setelah telur menetas menjadi bibit ikan, aturlah suhu hingga 28 derajat C dan biarkan saja anakan ikan tersebut, karena mereka masih memiliki cadangan makanan hingga 2 hari.

4.Tahap Perawatan Bibit Ikan Gabus

Langkah keempat yang juga perlu diperhatikan pada tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula adalah saat memasuki tahap perawatan larva ikan gabus. Pada tahap ini, larva yang sudah berumur dua hari harus diberi makanan sebanyak 3 kali sehari agar dapat tumbuh besar dan cepat. Pakan yang diberikan berupa artemia. Jika bibit ikan sudah berumur 5 hari, pakannya bisa ditambahkan makanan tambahan berupa daphina.

5.Tahap Penebaran Benih Ikan

Pada tahap ini, tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula sudah memasuki masa penebaran benih ikan, yaitu pada saat larva berumur 2 pekan. Biasanya dilakukan pada pagi hari pada saat larva belum diberi pakan. Pada saat benih sudah ditebar, pakannya diganti menjadi pellet, ikan teri, daging sisa, makanan pabrikan, ataupun makanan yang anda campur sendiri.

6.Tahap Panen

Tahap terakhir pada tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula setelah semua tahap di atas adalah tahap panen. Untuk memanen ikan gabus tidak mesti sekaligus. Sebab, ikan gabus memiliki ketahanan yang sangat tinggi, sehingga anda bisa memanennya secara bertahap sesuai dengan permintaan pasar. Jangan lupa untuk memisahkan ikan gabus sesuai dengan ukurannya untuk menghindari sifat memakan ikan yang lebih kecil. Lihat juga tentang bibit ikan hias air tawar.

Demikianlah tata cara budidaya ikan gabus bagi pemula yang dapat dijadikan referensi dalam mengembangbiakkan ikan air tawar ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.