Tips Penting Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja – Mendapatkan pekerjaan merupakan keinginan semua orang yang masih menganggur. Apalagi kalau bekerja di perusahaan ternama dan mapan, tentu kita berharap dapat bekerja dengan tenang untuk waktu lama tanpa takut terancam pemutusan hubungan kerja.

Namun perbandingan jumlah lowongan kerja seringkalli tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja. Akibatnya terjadi persaingan untuk meraihnya. Anda tentu sering memperhatikan bagaimana pencari kerja selalu berbondong-bondong memenuhi sebuah lowongan kerja. Terlebih lebih saat pemerintah membuka penerimaan pegawai negeri sipil (PNS), lautan pengangguran pun berjubel memperebutkannya.

Persyaratan Surat Lamaran Kerja

Untuk mendapatkan suatu pekerjaan, tentu sebelumnya kita diharuskan membuat atau menulis surat lamaran kerja terlebih dahulu. Melalui surat lamaran inilah perusahaan atau instansi yang membuka lowongan akan melakukan seleksi awal, terutama menyangkut kesesuaian dengan persyaratan yang telah ditentukan.

surat lamaran kerja

Sebagai pintu pembuka, kedudukan surat lamaran sangat penting. Melalui surat lamaran yang baik tentu saja akan dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk mengikuti tes selanjutnya. Sebaliknya, surat lamaran yang dibuat asal-asalan tentu tak akan diperhatikan. Atau malah akan langsung dimasukkan kotak sampah atau dibuang. Padahal mungkin saja kita memiliki potensi yang lebih baik dari yang dipersyaratkan.

Baca juga: Model Baju Batik Atasan Wanita Kantoran Terbaru

Tulis Surat Lamaran Kerja dengan Tangan

Begitu pentingnya kedudukan surat lamaran kerja, maka dalam membuatnya juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sangat serius. Nah, bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan yang baik, berikut tipnya :

  • Surat lamaran sebaiknya ditulis tangan, jangan dibuat dengan mesin ketik manual atau mengetik dengan komputer. Perusahaan atau instansi biasanya ingin melihat karakter calon pelamar melalui bentuk tulisan tangannya.
  • Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, sebutkan bahwa lamaran itu dibuat karena adanya iklan atau informasi lowongan kerja. Setelah itu sebutkan secara sekilas kemampuan Anda seperti persyaratan yang dibutuhkan beserta posisinya. Untuk lampiran, sebutkan semua lampiran yang disertakan dalam surat lamaran itu.
  • Apabila perusahaan yang akan Anda lamar merupakan perusahaan bergengsi dengan tingkat persaingan yang tinggi, buatlah surat lamaran kerja yang agak berbeda dan unik. Misalnya untuk lamaran ke Pertamina atau perusahaan batubara, buat surat lamaran dengan sedikit menceritakan keprihatinan Anda terhadap masalah sumber daya alam yang ada. Dari pengalaman, sesuatu yang berbeda umumnya mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan.
  • Untuk mendukung surat lamaran, lampirkan semua keterangan yang disyaratkan. Selain itu tambahkan berbagai surat keterangan lain tentang potensi Anda, dari sertifikat pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, dan keterangan lainnya yang mendukung. Jangan pelit memberikan keterangan sebanyak mungkin tentang potensi Anda. Semakin tebal lampirannya akan semakin bagus.

Demikianlah bebrapa tips penting dalam membuat surat lamaran kerja yang semoga bermanfaat buat anda dalam menembus perusahaan atau instansi yang anda inginkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.